Tuesday, August 18, 2009

WEJANGAN & TUNTUNAN 9 AGUSTUS 2009

Pada pelaksanaan meditasi raditya kali ini tuntunan dan wejangan turun dari Ida Bhatara Dalem yang khusus diberikan kepada para orang - orang sudahj sepuh / tua agar dapat menceritakannya kepada anak cucunya dirumah masing - masing.

SABDA :

" Punggung adalah kekuatan dan stana Sang Roh, kaki sebagai tiang penyangga yang kokoh, beban berat tertanggung pada pundak" ,

"Punggung adalah pengendali dan penyeimbang kepala, wajah yang sebenarnya seram dan penuh kepalsuan seimbang oleh punggung yang selalu tersembunyi tetapi penuh kejujuran"

Pada hari ini dilakukan meditasi raditya khusus yang umurnya diatas 50 Tahun, setengah abad, karena umur diatas ini sudah saatnya mengenali perjalanan hidup dengan merenung dan mestinya sudah menjadi panutan dari generasi yang lebih muda.

Untuk itu ;
" tunjukkanlah kebenaran pada orang - orang dibawah (dibawah umur 50 tahun), selalulah menghadap keatas ( niskalaning akasa ) dan selalu eling dan kokohkan kaki karena senantiasa ada ditengah ( poros ) perputaran jaman".

Ketidak mampuan orang - orang ini pada posisi itu menyebabkan hilangnya keseimbangan bumi ini / miring maka akibatnya terjadi kerusakan alam.

WEJANGAN - WEJANGAN :

Lanjutkan perjalanan ( meditasi Raditya ) karena inilah kebenaran mutlak dunia yaitu meditasi sama dengan berdiam sejenak,agar para Dewa dan Bhatara dapat mengisi waktu di bumi ini pada saat manusia berdiam, sehingga hal - hal yang belum dapat dilakukan oleh manusia dapat dikerjakan oleh para Bhatara, khususnya tentang penyelamatan alam.

Wajah sebenarnya menyeramkan, tetapi jangan takut karena wajah jelek ini akan selalu mengingatkan kita pada diri sendiri agar dapat berubah menjadi baik, begitulah seterusnya yaitu jelek rubahlah menjadi baik...

Warisan tidak dalam bentuk harta, harta bukanlah kebenaran, harta bukan milik kita, tetapi kebenaranlah yang milik kita, harta tidak bisa dibawa kemana - mana tetapi kebenaran dan kebijaksanaan dapat dibawa kemanapun kita pergi termasuk kedunia akhirat, begitulah seterusnya agar para orang tua terus mewarisi kebenaran bukan harta ...

TUNTUNAN / PITEKET :

Sebaiknya dilakukan persembahyangan setiap bulan mati ( tilem ) ke Pure Dalem, dapun tujuan dan maksudnya adalah pada saat ini kita memohon maaf atas perbuatan kita baik sengaja maupun tidak sengaja.

Obat untuk penyelamatan diri :
- Sirih
- Kapur
- Gambir , ditmbuk halus, dibuat tapak dara pada perut/pusar
dilakukan setiap bulan purnama.

Menu makanan orang tua/sepuh :
- Nasi kuning
- Saur
- Kedelai goreng

No comments:

Post a Comment